Get Adobe Flash player

Coblos Pilgub Jateng, bisa Pakai KTP

Share

Semarang – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa-Tengah memberi toleransi kepada warga Jateng yang namanya tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap ( DPT ) tetap bisa memberikan suaranya dalam Pilgub Jateng 2013 pada 26 Mei mendatang .
Ketua KPU Jateng ,Fajar Saka mengatakan, sesuai putusan Mahkamah Konstitusi ( MK ) , warga negara yang tidak terdaftar dalam DPT, bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP ke TPS sesuai alamat di KTP. “KTP-nya harus dibawa dan mencoblosnya juga harus di tempat sesuai KTP yang bersangkutan” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya memastikan semua warga Jawa Tengah telah tercatat dalam DPT, yang saat ini terus diperbarui oleh KPU. “Kita jamin semua sudah masuk, karena kita perbaharui terus, biar semua masuk DPT dan nyoblos” kata Fajar Saka .

Seperti diketahui , MK sebelumnya dalam sidang uji materi UU No 32/2004 Pasal 69 ayat 1 tentang Pemerintah Daerah memutuskan,warga yang ingin berpartisipasi dalam Pemilukada bisa menggunakan KTP dan Kartu Keluarga.

Putusan MK tentang diperbolehkannya penggunaan KTP dan KK dalam Pemilu itu menegaskan hak pilih adalah hak paling esensial dalam politik yang tidak bisa diwakilkan kepada siapapun. MK menekankan, DPT bukan hanya membersihkan nama-nama yang tidak berhak memilih, namub menjamin setiap warga untuk bisa menyalurkan hak politiknya .[]

Sumber : http://www.poskotanews.com