Get Adobe Flash player

DPS Pileg 2014 di Jateng Menyusut 41.000 Jiwa

Share

Semarang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah telah menetapkan daftar pemilih sementara (DPS) Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 sebanyak 27.344.716. Angka ini mengalami penurunan dari daftar pemilih tetap (DPT) Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 26 Mei 2013 lalu yang tercatat 27.385.958 orang. DPS tersebut telah diumumkan di Kantor Kelurahan dan Kantor Balai Desa se-Jawa Tengah.

Komisioner KPU Jateng Divisi Sosialisasi dan Pemutakhiran Data Pemilih, Andreas Pandiangan, mengemukakan, berkurangnya 41.000 pemilih disebabkan ada pemilih terdaftar yang tidak memenuhi syarat, meninggal dunia serta pindah alamat.

"Kalau melihat DPT pilgub, sebelumnya juga terjadi penurunan dibandingkan dengan DPS, kisarannya anatara 100.000 pemilih. Pasti nanti terjadi perubahan," ujar Andreas Pandiangan, kemarin.

Pemilih terbanyak, lanjutnya, ada di Kabupaten Brebes (1.481.301 jiwa) dan Cilacap (1.480.287 jiwa). KPU akan membuka pengaduan dari masyarakat hingga 1 Agustus. Untuk itu, masyarakat diminta mencermati apakah sudah masuk menjadi pemilih atau belum dengan melihat di balai desa maupun di kelurahan.

"KPU pusat kelak akan membuat layanan di website. Pemilih bisa mengecek apakah sudah masuk sebagai pemilih, seperti pada Pilgub Jateng lalu," jelasnya.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Divisi Pengawasan, Teguh Purnomo, mengatakan, Panwaskab dan Panwascam sekarang masih melakukan pengawasan penyerahan DPS kepada perwakilan partai politik di tingkat kecamatan. "Hasil tersebut dari bawah masuk ke kami tanggal 19 Juli," tuturnya.[]

Sumber :  http://www.suarakarya-online.com